Rabu, 15 Januari 2014

ISD sebagai salah satu MKDU


1.       ISD sebagai salah satu MKDU

1.1. Pengertian dan Tujuan ISD dan IPS
-          ISD (ilmu sosial dasar) adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi,geografi,sosial,sosiologi,antropologi,psikologi sosial.
-          Tujuan ISD
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu sosial dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan kenyataan sosial yang masalah-masalah yang ada didalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.       Menyadari setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d.      Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Selain itu ISD bertujuan membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian  agar mencari wawasan yang lebih luas dan cirri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbale balik.
-          3 kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu maka pengetahuan dikelompokan menjadi 3 yaitu :
a.       Ilmu pengetahuan alam( narural science). Ilmu alamian bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentuakan suatu kualitas. Iltilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana objeknya adalah benda benda alam dan hukum hukum yang pasti dan umum, berlaku kapanpun dimanapun. Sedangkan disisi ilmu alami adalah mempelajari tentang metode-metode ilmu kealaman dan menjelaskan gejala-gejala alam secara lebih filosofis.
a)      Ilmu pengetahuan sosial ( social science) ilmu ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hub antar manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu ilmu alamiah.
b)      Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Ilmu-ilmu pengetahuan dianggap bertujuan membuat manusia lebih memanusiawi dalam arti manusia lebih berbudaya. Katagori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi,Filsafat,Hukum sejarah,Fiologi,bahasa,budaya, liungistik(kajian bahasa), kesusastraan,kesenian, pisikologi). Sedangkan ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan pola yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam manusia.

1.2. ISD dan IPS
Adapun persamaaan ISD dan IPS adalah:
1.       Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan dan pengajaran.
2.       Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri-sendiri.
3.       Keduanya mempunyai materiyang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan ISD dan IPS adalah:
1.       Ilmu sosial dasar diberikan diperguruan tinggi sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan disekolah dasar dan sekolah lanjut.
2.       Ilmu sosial dasar merupakan satu matakuliah tungga,  dan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3.       Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

1.3.   Ruang lingkup ISD
- Bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan menjadi 3 :
1.       Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.       Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemter saja yang saat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3.       Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara  yang satu dengan yang lainnyaberbeda.
-          Ilmu sosial dasar terdiri dari pokok bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan ilmu sosial dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
1.       Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.       Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.       Masalah pemuda dan sosialisasi.
4.       Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
5.       Masalah pelampiasan sosial dan kesamaan derajat.
6.       Masalah-masalah perkotaan dan perdesaan.
7.       Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8.       Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar