1. ISD
sebagai salah satu MKDU
1.1. Pengertian
dan Tujuan ISD dan IPS
-
ISD (ilmu sosial dasar) adalah pengetahuan yang
menelaah masalah masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang
berasal dari bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social
seperti : sejarah,ekonomi,geografi,sosial,sosiologi,antropologi,psikologi
sosial.
-
Tujuan ISD
Sebagai salah
satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu sosial dasar mempunyai tujuan pembinaan
mahasiswa agar :
a.
Memahami dan menyadari adanya kenyataan
kenyataan sosial yang masalah-masalah yang ada didalam masyarakat.
b.
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.
Menyadari setiap masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya
secara kritis dan interdisipliner.
d.
Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang
ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Selain itu ISD
bertujuan membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian agar mencari wawasan yang lebih luas dan
cirri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap
manusia yang bersangkutan secara timbale balik.
-
3 kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan
sumber ilmu filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu maka pengetahuan
dikelompokan menjadi 3 yaitu :
a.
Ilmu pengetahuan alam( narural science). Ilmu
alamian bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam
semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode caranya ialah dengan
menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat
analisis untuk menentuakan suatu kualitas. Iltilah yang digunakan yang merujuk
pada rumpun ilmu dimana objeknya adalah benda benda alam dan hukum hukum yang pasti
dan umum, berlaku kapanpun dimanapun. Sedangkan disisi ilmu alami adalah
mempelajari tentang metode-metode ilmu kealaman dan menjelaskan gejala-gejala
alam secara lebih filosofis.
a)
Ilmu pengetahuan sosial ( social science) ilmu
ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat
dalam hub antar manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai
pinjaman dari ilmu ilmu alamiah.
b)
Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan
untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang bersifat manusiawi.
Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Ilmu-ilmu
pengetahuan dianggap bertujuan membuat manusia lebih memanusiawi dalam arti
manusia lebih berbudaya. Katagori yang tergolong dalam ilmu ini seperti
(Teologi,Filsafat,Hukum sejarah,Fiologi,bahasa,budaya, liungistik(kajian
bahasa), kesusastraan,kesenian, pisikologi). Sedangkan ilmu budaya dasar adalah
suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan pola yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari dalam manusia.
1.2. ISD dan
IPS
Adapun
persamaaan ISD dan IPS adalah:
1.
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan dan pengajaran.
2.
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri-sendiri.
3.
Keduanya mempunyai materiyang terdiri dari
kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan
ISD dan IPS adalah:
1.
Ilmu sosial dasar diberikan diperguruan tinggi
sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan disekolah dasar dan sekolah lanjut.
2.
Ilmu sosial dasar merupakan satu matakuliah
tungga, dan ilmu pengetahuan sosial
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3.
Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
1.3. Ruang
lingkup ISD
- Bahan
pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan menjadi 3 :
1.
Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam
masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.
Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian
tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemter saja
yang saat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas
dalam ilmu pengetahuan sosial.
3.
Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnyaberbeda.
-
Ilmu sosial dasar terdiri dari pokok bahasan,
dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan ilmu
sosial dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
1.
Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya
dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.
Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.
Masalah pemuda dan sosialisasi.
4.
Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
5.
Masalah pelampiasan sosial dan kesamaan derajat.
6.
Masalah-masalah perkotaan dan perdesaan.
7.
Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan
integrasi.
8.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi
kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar